PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

  • Selasa, 01 Oktober 2019 - 10:24:56 WIB
  • admin kip
PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

Diskominfo – PALI. Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dan Seluruh Jajaran Organisasi Perangkat Daerah dalam Rangka Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019 yang digelar dihalaman kantor Bupati PALI yang terletak di kawasan KM 10. Dalam upacara peringatan hari kesaktian pancasila 1 Oktober 2019 Asisten II Husman Gumanti SE. M. Si menyampaikan pancasila merupakan sebagai dasar penguatan karakter bangsa menuju Indonesia maju dan bahagia.

Salah satu fenomenal dalam era globalisasi terjadinya lintas batas nilai – nilai antara bangsa bahkan antara komunitas atau kelompok – kelompok masyarakat yang lebih kecil, diantara nilai atau paham yang melintas batas utuh merupakan paham radikalisme, paham ini karakternya selalu merasa paling benar sendiri dan mengabaikan hak – hak orang lain.

Oleh karna itu kita harus bersyukur  dan terus memperkuat Pancasila yang telah menunjukan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekaligus kita harus mengikis benih dan tumbuhnya nilai paham radikalisme dan sejenisnya.

Kita semua tentu ingin membangun bangsa yang beradab yang salah satu cirinya  adalah bangsa yang mampu menunjukan karakter dan jati dirinya tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa – bangsa lain sekaligus mampu mengaklamasikan makna yang dikandungnya sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan demikian pancasila menjadi sistem nilai yang hidup.

Dalam peringatan hari kesaktian pancasila yang kita peringati setiap tahun haruslah kita jadikan sebagai upaya melestarikan, mempromosikan pancasila sebagai sumber nilai yang teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

  • Selasa, 01 Oktober 2019 - 10:24:56 WIB
  • admin kip

Berita Terkait Lainnya