Unik, Ada Jajanan Kekinian Keripik Daun Anggur di PALI

  • Selasa, 11 Mei 2021 - 21:16:42 WIB
  • admin kip
Unik, Ada Jajanan Kekinian Keripik Daun Anggur di PALI

Talang Ubi, Kripik yang belakangan mulai muncul di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ini tergolong unik. Bagaimana tidak, daun anggur yang selama ini dibuang begitu saja ternyata bisa dijadikan olahan jajanan yang renyah. Kamis (08/04/21).

Keripik daun anggur hasil karya Pak Maman, salah satu petani anggur dari Desa Persiapan Jerambah Besi, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI ini memang terbilang istimewa. Karenanya, Dinas Koperasi dan UMKM PALI mulai memperkenalkan makanan unik ini melalui Pelatihan Kewirausahaan Pelaku Usaha Kuliner.

Pelatihan digelar selama tiga hari, pada tanggal 8-10 April 2021 di Aula Rumah Makan Sejahtera, Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi. Kepada peserta yang merupakan pelaku usaha kuliner, Maman menjelaskan buah anggur memiliki potensi kuliner yang tidak hanya buahnya saja.

“Bukan dari buahnya saja, daun anggur juga bisa kita olah agar bisa menghasilkan sesuatu. Selain dibuat kripik, daun anggur juga bisa dipakai untuk bungkus kue bugis. Bahkan kelebihannya bungkus kue bugis dari daun anggur tadi bisa langsung dimakan. Karena daun anggur juga berkhasiat untuk obat." Jelasnya.

Maman mengaku sudah hampir dua tahun menggeluti budidaya buah anggur. Dia juga berinovasi membuat kripik daun anggur dan selai anggur serta pemanfaatan daun anggur untuk bungkus kue.

“Setelah saya browsing di internet, ternyata daun anggur memiliki banyak khasiat. Diantaranya bisa mengobati sakit gigi. Melihat khasiatnya yang begitu banyak serta daun anggur yang ada di kebun, saya membuat terobosan untuk memanfaatkan agar memiliki nilai ekonomis tinggi dan bisa menjadi sumber penghasilan jika dikelola dengan baik." lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM PALI, Heri Saputra menjelaskan, pelatihan tersebut bertujuan memberikan wawasan baru kepada pelaku usaha kuliner.

“Di tengah wabah pandemi covid-19, inovasi kuliner tentu bisa menjadi solusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat PALI. Untuk itu, pelatihan ini diharapkan bisa menambah wawasan serta muaranya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat PALI.” Terangnya.

Sumber:SUMEKS.CO, PALI

  • Selasa, 11 Mei 2021 - 21:16:42 WIB
  • admin kip

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait