Mengenang Pahlawan Emansipasi Wanita / Hari Kartini

  • Senin, 17 Mei 2021 - 13:26:29 WIB
  • admin kip
Mengenang Pahlawan Emansipasi Wanita / Hari Kartini

 

Talang ubi, rabu (21/04/2021) – Pahlawan Nasional yang satu ini lebih dikenal dengan Pahlawan Emansipasi Wanita yang selalu diperingati setiap tanggal 21 April yang dinamakan Hari Kartini. Namun perlu diketahui bahwa peringatan hari kartini yang pertama justru dirayakan sebelumnya 2 mei 1964. Kemudian, Presiden Soekarno yang saat itu menjabat mengeluarkan Kepres No.108 tahun 1964 yang berisi mengenai Penetapan R.A Kartini sebagai Pahlawan Nasional dan penetapan secara resmi tanggal 21 April sebagai Hari Kartini di Indonesia. Penetapan Hari Kartini sendiri mengacu pada tanggal lahir R.A Kartini, yaitu 21 April 1879.

Sejak saat itulah peringatan Hari Kartini terus dilakukan hingga kini. Perayaan dilakukan dengan menggunakan pakaian adat daerah salah satu nya seperti Kebaya dan memakai bawahan nya kain Batik.

Mari kita kembali mengenal perjuangan R.A Kartini untuk Indonesia, R.A Kartini dikenal sebagai tokoh Emansipasi Wanita, yang menentang dimana wanita selalu ditempatkan diposisi pasif pada system masyarakat, keluarga,dan pemerintahan. Pertama , bahwa wanita juga memiliki hak dan Kapabilitas yang sama untuk melakukan apa yang bisa dilakukan laki-laki. Kedua, wanita juga mempunyai hak untuk memperoleh pendidikan, karena itulah Kartini mendirikan sekolah gratis untuk gadis-gadis di Jepara dan Rembang. Lalu berkembang ‘ Sekolah Kartini’ di berbagai daerah seperti Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun dan Cirebon. Semasa hidupnya Kartini sering menulis surat-surat yang ditujukan kepada sahabatnya di Belanda , kemudian kumpulan surat-surat itu dijadikan buku yang berjudul Door Duis Termis Tox Licht,” Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Ibu Hasniwati , SH menuturkan .“ dalam memperingati momentum ini, perempuan Indonesia terkhusus seluruh anggota DWP DISKOMINFO Kab. PALI harus berani menunjukan perubahan,harus mandiri, serta dapat mengikuti perkembangan zaman. Tidak hanya secara pengetahuan tetapi dapat melahirkan satu kreativitas yang inovatif bagi keluarga khususnya, teman, serta masyarakat umum”. Hal itu disampaikannya dalam pertemuan anggota dan pengurus DWP DISKOMINFO Kab. PALI diruang pertemuan DWP DISKOMINFO Kab. PALI.

Di Hari Kartini ini, marilah kita teruskan perjuangan dan cita-cita R.A Kartini dengan cara-cara yang positif, seperti menjadi pribadi yang terpelajar dan berkelas baik dalam lingkupan keseharian ataupun sosial.

  • Senin, 17 Mei 2021 - 13:26:29 WIB
  • admin kip

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait