Bimbingan Aplikasi Srikandi Dan Tanda Tangan Elektronik (TTE) di Pali




PALI, 21 Mei 2024 – Hari ini, di ruang rapat Bupati PALI, telah berlangsung bimbingan mengenai aplikasi Srikandi dan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Drs. H. Soemarjono yang didampingi oleh para asisten, staf ahli, Kabag Lingkungan Hidup Sekda, admin, dan arsiparis dari lingkup Setda PALI. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan PALI dengan tujuan meningkatkan efisiensi administrasi dan pelayanan pemerintahan melalui teknologi terbaru.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Drs. H. Soemarjono menekankan pentingnya adaptasi terhadap kemajuan teknologi untuk meringankan beban kerja dan meningkatkan efisiensi operasional. "Seiring dengan kemajuan teknologi, kita harus berupaya supaya pekerjaan menjadi lebih ringan. Namun, harus diingat bahwa keberhasilan penggunaan teknologi sangat tergantung pada orang yang mengoperasikannya. Maka dari itu, kita harus berhati-hati dan memastikan bahwa setiap orang yang ditunjuk untuk mengelola teknologi ini benar-benar kompeten," ujar Drs. H. Soemarjono.

Beliau juga menyoroti pentingnya kolaborasi antarbagian dalam pemerintahan untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi baru seperti Srikandi. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan proses administrasi dapat berjalan lebih efisien dan efektif, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Drs. Supawi M.T., dalam sambutannya, memberikan penjelasan teknis mengenai pelaksanaan aplikasi Srikandi dan TTE. Ia mengungkapkan bahwa aplikasi ini untuk sementara akan digunakan terbatas pada surat menyurat saja. "Untuk sementara, aplikasi Srikandi hanya digunakan untuk surat menyurat. Operator memiliki peran penting dalam mengelola surat yang masuk dan keluar. Oleh karena itu, kami telah menyiapkan 10 orang operator yang telah bersertifikat untuk membimbing pelaksanaan aplikasi ini," jelas Drs. Supawi M.T.

Acara bimbingan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan para peserta dalam menggunakan aplikasi Srikandi dan TTE, sehingga dapat mempercepat proses administrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan di Kabupaten PALI. Para peserta yang terdiri dari admin dan arsiparis diharapkan mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk kemajuan birokrasi di lingkungan pemerintahan Kabupaten PALI.

Dengan bimbingan ini, Pemerintah Kabupaten PALI berkomitmen untuk terus mendukung dan menerapkan inovasi teknologi dalam upaya peningkatan layanan publik dan efisiensi administrasi, sejalan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks